Perbedaan antara Nyanyian dan Musik

Diasuh oleh Muh. Harun

 Pertanyaan: Dengan melihat tersebarnya musik yang dilakukan oleh sebagian pusat-pusat kebudayaan, sebagian mengatakan bahwa: Ghina (nyanyian) itu hukumnya haram sedangkan musik tidak demikian adanya.  Saya memohon kepada Anda untuk menjelaskan perbedaan antara ghina (nyanyian) dan musik. Sebagian juga mengatakan bahwa: musik tradisional tidaklah haram,  bagaimana pendapat Anda dalam masalah ini?. 

 

Orang-orang beriman adalah orang-orang yang menjauhkan dirinya dari segala macam bentuk laghw dan perkataan yang tidak bermanfaat. Salah satu dari contoh laghw adalah ghina (nyanyian) dan alat-alat musik.

[1]Imam Shadiq As bersabda : Ketika Nabi Adam As meninggal dunia, Iblis dan Qabil merasa sangat senang sekali atas kematiannya. Keduanya hadir dalam suatu majelis dan untuk mengungkapkan kegembiraaanya atas kematian Adam, mereka menggunakan alat musik sejenis tambur dan alat-alat lahw (melalaikan) lainnya. Oleh karena itu barang siapa yang dengan alat-alat tersebut merasakan kelezatan maka dia termasuk orang yang mengikuti jalan Iblis.

[2] Nabi Muhammad Saw Bersabda:Para malaikat tidak akan memasuki satu rumah yang di dalamnya ada minuman keras, alat-alat musik dan juga qimâr (alat sejenis tanbur dan yoker). Dan doa ahli rumah tersebut tidaklah akan mustajabah (terkabulkan) serta kebaikan dan keberkatan akan jauh darinya. 

[3] Pertanyaan: Dengan melihat tersebarnya musik yang dilakukan oleh sebagian pusat-pusat kebudayaan, sebagian mengatakan bahwa: Ghina (nyanyian) itu hukumnya haram sedangkan musik tidak demikian adanya.  Saya memohon kepada Anda untuk menjelaskan perbedaan antara ghina (nyanyian) dan musik. Sebagian juga mengatakan bahwa: musik tradisional tidaklah haram,  bagaimana pendapat Anda dalam masalah ini?.  

Ayatullah Agung Imam Khamenei Hf:Ghina adalah satu nyanyian mutrib (yang bisa membuat orang lupa dan lalai dari mengingat Allah Swt) yang dipakai dalam majelis-majelis pelesiran dan acara pesta pora. Sedangkan musik adalah suatu permainanan musikal yang mempunyai sifat-sifat tersebut diatas. Keduanya tidak ada perbedaan, hukum keduanya adalah haram. 

Ayatullah Agung Hadrat Tabrizi Hf:Ghina (nyanyian yang dipakai dalam majlis-majlis bersenang-senang dan lalai yang liriknya batil) dan mendengarkannya adalah haram. Ihtiyât wâjib adalah menjauhi menyanyi nyanyian yang merdu (cah..cah) sekalipun lirik nyanyian tersebut tidak batil. Demikian juga musik lahw (alat-alat musik khusus yang sering dipakai dalam majelis-majelis lalai dan senang-senang) dan mendengarkannya adalah haram. Suatu musik yang sesuai dengan musik-musik yang sering digunakan dan sesuai dengan kebiasaan pada acara pesta adalah haram, bagaimanapun bentuknya baik itu musik tradisional ataukah musik yang lainnya. 

Ayatullah Agung Hadrat Ayatullah Fadhil Lankarani Hf: Ghina adalah satu melodi yang ditimbulkan dari alunan suara yang menurut pandangan umum (urf) suara tersebut sangat merdu sekali dan juga bisa melalaikan (dari mengingat Allah Swt) dan juga biasa dipakai dalam acara-acara pesta, yang dengan ini maka hukumnya adalah haram. Adapun musik menurut satu definisi adalah satu kumpulan suara yang bisa mendatangkan kesenangan tersendiri. Oleh karena itu apabila musik tersebut sesuai dengan acara-acara lahw dan la’ib (pesta yang melalaikan),  maka hukumnya adalah haram.   

Ayatullah Agung Hadrat Makarim Syirazi Hf:Seluruh denting suara dan juga alunan musik yang sesuai (biasa dipakai) dalam acara-acara lahw dan fasâd (pesta pora yang merusak) hukumnya adalah haram, adapun untuk menentukan lahw dan fasad tidaknya sebuah pesta adalah merujuk kepada urf dan pandangan umum masyarakat.[]   



[1] . Tafsir Nûr ats-Tsaqalain, jilid 3, hal. 539.

[2] . Wasâil asy-Syi’ah, jilid 12, hal. 231. 

3] . Wasâil asy-Syi’ah, jilid 12, hal. 235.

Satu Balasan ke Perbedaan antara Nyanyian dan Musik

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: