Obrolan Seputar Pertengahan Sya’ban

  imam_mahdi.jpg

Syekh Hur Al-Amili ra salah seorang pembesar syiah menukil sebuah hadis, bahwa Imam Shadiq as bersabda:
“Pada suatu malam dimana pada malam itu Al-Qaaim (laqab Imam Zaman af) dilahirkan, tidak ada bayi yang dilahirkan pada malam itu kecuali ia akan menjadi seorang mukmin, dan jika dilahirkan di negara kafir, maka Allah SWT akan memindahkannya menuju keimanan dengan berkat Imam Mahdi af.”

 

Pada malam pertengahan Sya’ban dianjurkan membaca do’a ziarah Imam Husain as dan ziarah Imam Zaman af, Imam Shadiq as bersabda:
“Malam pertengahan Sya’ban Adalah sebaik-baiknya malam setelah malam Lailatul Qadar, dan mendirikan sholat dua Rakaat pada malam pertengahan Sya’ban setelah mendirikan shalat isya sangat dianjurkan, tata caranya adalah sebagai berikut: Pada rakaat pertama setelah membaca surah Alfatehah, membaca surah Al-kafirun dan pada rakaat kedua setelah membaca surah Alfatehah, membaca surah Al-ihlas.

Mandi dan menghidupkan malam ini dengan beribadah, memiliki keutamaan yang sangat besar, dan malam ini memiliki kedudukan yang mulia di sisi Allah SWT, karena Imam Zaman telah dilahirkan pada waktu sahurnya, sehingga menambah keagungan dan kemeriahan malam yang mulia ini. Selain itu dalam beberapa riwayat dikatakan bahwa malam pertengahan Sya’ban ini adalah malam Lailatul Qadar dan malam pembagian rizki dan umur, sebagian riwayat lagi dikatakan bahwa malam pertengahan Sya’ban adalah malam para Imam dan malam Lailatul Qadar adalah malam Rasulullah SAWW.

Di antara keutamaan yang ada pada malam ini adalah bahwa malam ini salah satu malam khusus untuk membaca do’a ziarah Imam Husain as, karena dikatakan bahwa pada malam ini seratus ribu nabi-semoga sholawat serta salam tercurah pada mereka semua- berziarah ke haram Imam Husain as. Dan salah satu sholat sunnah yang tercantum dalam riwayat dan dianjurkan untuk dilaksanakan pada malam ini adalah sholat dua rakaat yang pada setiap rakaatnya setelah membaca surah Alfatehah, membaca surah Al-ihlas sebanyak seratus kali.

Telah dinukil bahwa Rasulullah saww bersabda:
“Malam pertengahan Sya’ban aku bermimpi malaikat Jibril turun dari langit menghampiriku dan berkata: Wahai Muhammad apakah kamu hendak tidur pada malam seperti ini? Aku katakan padanya: malam ini malam apa? Ia menjawab: Malam ini adalah malam pertengahan Sya’ban, bangunlah dan akupun dibangunkan dan dibawa ke perkuburan Baq’i.

Kemudian Jibril berkata: Angkat kepalamu, karena pada malam-malam ini Allah membuka pintu-pintu rahmatNya di langit untuk hamba-hambaNya. Begitu pula terbuka pintu surga, pintu ampunan, pintu keutamaan, pintu taubat, pintu kenikmatan, pintu kedermawanan dan kebajikan, serta pintu kebaikan. Allah SWT pada malam ini membebaskan para pendosa sebanyak bulu-bulu hewan dan binatang, dan menentukan batas akhir setiap usia, serta membagi rizki dalam satu tahun juga menentukan apa saja yang akan terjadi dalam satu tahun.

Wahai Muhammad! Seseorang yang bertakbir, bertasbih, dan bertahlil pada malam ini, memanjatkan do’a, mendirikan sholat dan membaca Al-Quran, taat, patuh dan tunduk serta memohon ampun keharibaan Allah, Ia SWT akan menempatkan orang tersebut ke surga sebagai rumah dan penginapannya, dan Ia SWT akan mengampuni dosa-doasnya yang telah berlalu dan di masa mendatang…

Wahai Muhammad! Hidupkanlah malam ini dan perintahkan kepada umatmu untuk menghidupkan malam ini dan bergegaslah mereka dengan amalan ini mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena malam ini adalah malam yang sangat mulia.”

Salah satu amalan pada malam ini juga adalah membaca do’a Kumail dalam keadaan sujud, diriwayatkan dari Kumail(Ibnu Ziyad) bahwa Imam Ali as membaca do’a ini dalam keadaan sujud.

( Abi Zafal:[Sahib Al-Zaman] Dinuklil dari kitab Hadzrate Mahdi Furug va Tobone veloyat, karya Muhammad Muhammadi Isytihardi)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: